Selasa, 06 November 2012

POV Market Open




Salah satu yang bisa dijadikan acuan atau titik awal dalam membaca pergerkan harga adalah harga pada market open atau pembukaan pasar/sesi. Market open ini bisa dijadikan sebagai starting point karena kita asumsikan ketika itu belum ada transaksi yang terjadi dan harga saat itu kita jadikan titik awal atau titik 0, dari situ kita bisa membaca kemana harga bergerak. Tentu saja titik 0 ini pun relatif karena pada kenyataannya harga ketika market open pun adalah akibat dari akumulasi transaksi yang terjadi sebelumnya.

Acuan yang digunakan adalah harga open harian, open mingguan, dan open bulanan, kemudian juga harga open dan close  tiap-tiap sesi Aussie, Tokyo, Europe dan US.



Berikut contoh gambarnya:






Gambar diatas adalah acuan harga open hari (lime), minggu (magenta), dan bulan (aqua) sekarang.



Dan yang diatas adalah acuan harga open masing-masing sesi Tokyo, London (Eropa) dan US. Aussie dan close masing-masing sesi tidak ditampilkan.

Dari contoh-contoh gambar diatas kita dengan mudah membaca arah pergerakan harga dengan memperhatikan bagaimana harga bergerak terhadap titik acuannya. Apabila harga bergerak naik dari satu titik acuan maka artinya buyers mendominasi berdasarkan titik acuan tersebut dan sebaliknya apabila harga bergerak turun dari satu titik acuan maka artinya sellers yang mendominasi berdasarkan titik acuan tersebut.


Dan seperti bisa kita lihat juga pada gambar diatas bahwa naik atau turun di satu acuan bisa jadi malah kebalikannya bila dilihat di acuan lainnya, dan hal itu sangat wajar karena memang sudut pandangnya berbeda, tetapi lagi-lagi yang penting adalah semuanya masuk akal.




Kemudian juga bisa kita lihat harga bergerak menjauhi atau mendekati titik acuannya. Nah, ketika harga bergerak menjauh dari titik acuannya inilah yang kita sebut dengan “trending”, lalu ketika harga bergerak mendekati titik acuannya maka kita menyebutnya “retrace”. Dan apabila harga bergerak bolak-balik disekitar titik acuannya maka inilah yang kita sebut “sideways”.
Dan kondisi trending, retrace atau sideways itu tergantung pada sudut pandang kita melihatnya.