Rabu, 04 Juli 2012

Kenapa harus 1 vs 3 ???



Berkaitan dengan postingan sebelumnya tentang Risk Reward Ratio Secret, yang mengemukakan bahwa risk maksimal dari suatu trade adalah 1/3 nya dari target profit. Atau Target Profit haruslah 3 x lebih besar dari pada Perkiraan Risk.

Lalu muncul pertanyaan, kenapa risk vs reward ratio harus 1 : 3, bukankah dalam hukum probabilitas risk reward ratio yang 1 : 3 atau yang 3 : 1 (kebalikannya) dalam long term kekuatannya sama saja?

Ya... saya setuju dengan inti dari pertanyaan itu. Apabila Risk : Reward Ratio nya 1:3 dimungkinkan dalam 4 kali trading 3 diantaranya adalah loss, dan apabila risk : reward rationya dibalik menjadi 3:1 dimungkinkan dalam 4 kali trading 3 diantaranya adalah menang, dan hasil akhir dari si "hitam" dan si "putih" ini adalah sama yaitu NOL. Keduanya memiliki kekuatan yang sama. Sekali lagi saya setuju dengan hal itu. Hukum probabilitas senantiasa berpihak kepada keseimbangan.

Lalu kenapa saya lebih memilih risk vs reward yang 1:3 ini?

Pertama, dan ini lebih bersipat pribadi, saya memiliki money management yang lebih cocok dengan risk reward ratio seperti ini. (saya tidak akan membahasnya di sini)

Kedua, untuk risk reward ratio ini, secara psikologis, saya dikondisikan untuk siap menerima kekalahan, karena kemungkinan untuk win adalah sepertiganya. Secara psikologis lebih kuat.

Ketiga, saya tidak akan masuk pasar pada kondisi yang tidak jelas, yang mana memiliki probabilitas yang tinggi dan risk reward ratio untuk 1:3 sangat dimungkinkan akan kalah.

Apabila Anda memiliki risk vs reward ratio yang berbeda dengan saya, saya yakin Anda telah memiliki money management dan trading system yang mendukung untuk itu, dan saya yakin juga bahwa Anda memiliki alasan yang jelas untuk risk reward ratio tersebut.

Oke guys... happy trading...