Senin, 16 Juli 2012

peran FOMC ( Federal Open Market Commitee)



Lembaga keuangan suatu negara sangat berpengaruh terhadap pasar, terkadang komentar yang dikeluarkan sebuah lembaga sangat berpengaruh banyak terhadap pasar, karena faktor psikologis pasar dapat dipengaruhi oleh banyak faktor termasuk salah satunya komenterar-komentar atau konfersi pers yang dikeluarkan oleh lembaga kuangan negara atau dunia.

Federal Open Market Committee (FOMC) adalah sebuah lembaga yang merupakan bagian dari Federal Reserve (Bank Sentral Amerika) yang bertugas menetapkan tingkat suku bunga dan kredit. FOMC adalah sebuah lembaga pemerintah yang didalamnya terdiri dari 7 anggota tetap dari Dewan Gubernur Bank Sentral dan 5 presiden FED (Federal Reserve Banks central America) , yang merupakan kelompok yang mempunyai otoritas dalam membuat kebijakan moneter di Amerika Serikat.

Tugas utama dari FOMC adalah menjaga tingkat uang yang beredar di masyarakat (money supply) dalam kaitannya dengan tingkat inflasi dan suku bunga. untuk menjalankan tugasnya tersebut, FOMC memiliki beberapa cara seperti dengan menaikkan atau menurunkan suku bunga, melakukan penjualan/pembelian produk sekuritas pemerintah seperti surat utang atau obligasi.

pertemuan FOMC diadakan delapan kali dalam satu tahun, dan pertemuan tersebut secara rutin membahas tentang kondisi ekonomi dan keuangan pada saat periode yang sedang berjalan, dan juga memutuskan untuk menaikkan atau menurunkan tingkat suku bunga Amerika Serikat. selain hal tersebut FOMC juga membahas mengenai jumlah uang yang tersedia dan berdar di masyarakat, dan juga memutuskan untuk membeli atau menjual saham dan obligasi pemerintah. misalnya; untuk menarik atau memperkecil uang yang beredar di masyarakat atau bank (tabungan),FED akan menjual saham pemerintah.

FOMC juga kerap kali melakukan "pertemuan rahasia" yang sering menjadi ajang para spekulan menebak arah pasar, apakah akan ada kenaikan suku bunga atau penurunan suku bunga ataupun suku bunga tetap. Pertemuan FOMC juga dilakukan untuk memilih Presiden FED yang mewakili negara-negara bagian tertentu.

khusus untuk preside FED New York, mendapatkan refensi khusu untuk melanjutkan tugasnya tanpa perlu dirotasi, sedangak preside FED wilayah lain dilakukan rotasi dari tahun ke tahun.

FOMC Minutes adalah pengumuman dari Federal Reserve yang menjelaskan tentang pertemuan yang diadakan lembaga penentu kebijakan moneter Amerika ini sebelumnya. pertemuan ini dilakukan tiga minggu setelah FOMC Meeting, FOMC Minutes merupakan pengumuman penjelasan dari setiap meeting FOMC sebelumnya dan alasan-alasan terhadap kebijakan yang diambil.

Dalam Forex Trading FOMC meetings kerapkali menimbulkan ekspektasi dari para trader, namun karena hanya bersifat meeting maka hasilnya sangat berkaitan dengan topik dan anggotanya. FOCM meeting kadang menghasilkan pergerakan besar pada mata uang  utama namun bisa juga sebaliknya ketika memang isi pertemuan hanya bersifat formalitas.

keputusan yang paling ditunggu oleh para spekulan adalah keputusan FOMC mengenai tingkat suku bunga. sering kali kenaikan mata uang bukan saja disebabkan naik/turunnya suku bunga semata, tetapi bisa juga karena FOMC baru saja mengindikasikan suku bunga akan dinaikkan/diturunkan. kejadian ini dapat menimbulkan over demand atau sebaliknya panic selling pada market yang berakhir pada terkoreksinya mata uang.