Minggu, 08 Juli 2012

Time Frame Paling Bersahabat dlm Forex Trading



Ada seseorang yang bertanya dengan penuh kesungguhan.

"Time Frame berapakah yang terbaik untuk trading forex?"

Lalu saya jawab "Untuk siapa? untuk Anda? atau untuk semua orang? kalau yang itu saya tidak tahu, yang saya tahu adalah Time Frame terbaik untuk diri saya, dan itu belum tentu yang terbaik untuk Anda ataupun orang lain."

Dengan senyuman yang khas orang tersebut menjawab,"Okelah, berapakah time frame terbaik untuk Anda, siapa tahu itu bisa jadi masukan buat saya."

"Nah, kalau pertanyaannya seperti ini, saya bisa jawab, karena saya punya referensinya yaitu diri saya sendiri. Time Frame terbaik untuk saya sampai saat ini adalah Time Frame Harian, satu candle stick per hari."

"Berarti butuh dana yang besar?"

"Tidak juga, karena sekarang sudah banyak broker yang menyediakan mini akun bahkan mikro akun, jadi masalah time frame besar dengan modal relatif kecil tidak terlalu menjadi masalah."

"Terus kenapa harus time frame daily?"

"Waktu kerjanya sedikit, cuma satu sampai lima menit perhari untuk mengetahui open price dari candle yang baru saja muncul"

"Kalau misalnya Anda memiliki waktu luang yang sangat leluasa, akankah Anda tetap memilih Time Frame Daily?"

"Sepertinya saya akan tetap menggunakan time frame daily, dan waktu luang yang ada bisa digunakan untuk menggeluti hobi atau mungkin mencari penghasilan tambahan yang ada hubungannya dengan hobi."

"Sepertinya Anda cinta berat sama TF Daily, bisakah Anda memberi alasan yang jawabannya bukan seperti yang tadi, tapi yang ada kaitannya dengan kebiasaan pergerakan harga?"

"Anda sepertinya seorang investigator yang pantang menyerah. Anda akan kecewa dengan jawaban saya karena sepertinya tidak ada jawaban yang baru mengenai mengapa saya memilih TF Daily. Dalam TF 1D whipsaw yang terjadi relatif lebih sedikit, whipsaw seringkali membingungkan indikator yang saya pakai, dalam time frame yang lebih kecil, pergerakan harga cenderung lebih bergerigi, saya tidak cukup advance untuk mengatasi pergerakan yang lebih bergerigi apalagi dengan dihiasi whipsaw di sana sini."

"Ya saya sudah tahu mengenai fakta ini, dan saya sebagai pengguna time frame yang lebih kecil selalu melihat trend pada TF yang lebih besar sebagai acuan, dimana saya tidak akan membuka posisi yang berlawanan dengan TF yang lebih besar, misalnya TF 1D. Apakah hal ini menguntungkan Anda? dimana saya selalu membuka posisi dengan tidak melawan arus dari TF 1D?"

"Entahlah, saya harap demikian. Tapi menurut pandangan saya, hal itu tidak berpengaruh, karena Anda membuka dan menutup posisi pada hari yang sama, dengan kata lain pada hari yang sama Anda menjadi kawan sekaligus lawan bagi saya."

"Owh... saya sudah menduga jawaban ini. Menurut Anda hal apakah yang menggerakan harga pada Time Frame Daily?"

"Entahlah... tapi sebenarnya saya tidak terlalu memusingkan hal itu, yang saya pusingkan adalah kenapa whipsaw kadang terjadi di TF 1D?? tapi bagaimanapun whipsaw adalah bagian dari permainan ini."

"Sepertinya kita membicarakan mengenai apa yang sebenarnya kita sudah mengetahuinya, tapi bagaimanapun saya senang berbincang-bincang dengan Anda, dan saya berencana menjatahkan sekian persen dari equity untuk trading di TF 1D. Mungkinkah Anda akan menjatahkan sekian persen dari modal untuk trading ti TF yang lebih kecil?"

"hehe ... :)"