Jumat, 22 Juni 2012

Diam Seperti Patung



Beberapa pekan yang lalu kita dihadapkan oleh market yang sedang trending tajam tiada henti. Banyak yang profit, tapi tidak sedikit yang MC. Para Manage Account masih bisa bertahan, namun banyak yang berdarah-darah (floating) maupun Margin Call.

Market selalu berubah, dan trader selalu dihadapkan oleh keadaan yang menuntut mereka untuk melakukan kegiatan transaksi demi mendapatkan profit. Sedangkan market masih menunjukkan sinyal-sinyal yang negatif atau bahkan tidak ada sama sekali peluang untuk bisa membuka transaksi pada sistem yang mereka miliki.

Khusus untuk trader, baik yang sudah profesional maupun yang baru saja memulai belajar trading bisa merujuk pada pengalaman. Permasalahan yang sering kita hadapi dalam menentukan open posisi adalah perlukah kita melakukan transaksi setiap hari??

Tak lakukan apapun
Bila kita perhatikan apa yang terjadi pada diri sendiri selalu ingin melakukan transaksi bila sudah berada di depan komputer. Apa yang kita inginkan tersebut merupakan hasrat untuk segera dilakukan transaksi.

Kegitan seperti ini merupakan hal yang wajar tapi berbahaya. Jika kita melihat dari aktifitas transaksi, yang menyebabkan loss adalah karena kita selalu siap untuk membuka posisi baru dengan harapan bisa mendapatkan profit yang lebih dari sebelumnya.

Biarkan saja apapun yang market ingin lakukan bila signal pada sistem Anda belum menunjukkan arah yang benar. Biarkan saja market melakukan trending buy maupun trend sell secara tajam bila sistem belum memberikan ‘hadiah’ berupa signal kepada Anda.

Tak ada transaksi apapun
Anda sudah menganalisa, dan Anda sudah cape-cape mempelajari market semalaman, e ternyata sistem belum memberi ‘kisi-kisi’ kepada Anda untuk bisa melakukan transaksi. Sikap Anda adalah membiarkan mouse tanpa dipegang sama sekali saat melihat market.

Tak akan ada transaksi jika mouse yang Anda pegang dilepaskan oleh tangan Anda. Tidak ada sebuah transaksi yang kebetulan ngeklik sendiri bila tangan Anda tidak sedang berada disekitar mouse. Dan tidak ada transaksi bila mata Anda tidak memperhatikan pada harga chart.

Cobalah untuk bisa menahan diri dari serangan hati dalam melakukan sebuah transaksi. Disiplin untuk tidak melakukan transaksi mutlak dilakukan oleh semua trader, baik yang sudah pro maupun yang masih pemula.

Efek dari tidak disiplinnya menahan untuk melakukan transaksi ini adalah balance akun Anda akan cepat habis dalam waktu dekat. Lebih dari sekedar transaksi, seni menahan transaksi mampu menghindarkan akun dari kerugian, dapat selamat dari kehancuran, bahkan terhindar dari margin call.

Kesimpulan
Apapun yang Anda lakukan sebaiknya ikuti secara disiplin dari sistem yang Anda anut. Entah seberapa lama sistem Anda pakai, atau seberapa canggih sistem yang Anda buat, ikuti saja yang sistem berikan untuk Anda. Bila market masih trending, signal belum ada, dan sistem masih belum memunculkan kisi-kisi buat Anda, maka tugas Anda hanya membiarkan saja market tanpa ada open posisi. Seni menahan transaksi akan menjadikan akun Anda lebih sehat dari saat ini.