Jumat, 22 Juni 2012

Tenang Seperti Hutan



Kali ini saya ajak Anda untuk melihat sikap seorang trader dari sisi psikologis. Banyak sekali orang yang melakukan transaksi tapi tidak hati-hati. Transaksi yang serampangan banyak sekali dijumpai oleh sebagian trader khususnya yang masih pemula.

Mereka yang sering bertransaksi merasakan hati yang tidak tenang, tidak merasakan nyaman, apalagi merasakan damai. Hal itu jauh dirasakan oleh sebagian dari kita dalam hal transaksi di forex trading.

Ketika open posisi dimulai, biasanya perasaan menggebu-gebu dan jantung berdebar-debar. Hal ini selalu muncul disetiap tick gerakan chart pada open posisi. Bukan karena sebab, mereka yang terkena dampak seperti ini akan berefek pada kelelahan fisik dan penurunan tingkat fokus seorang trader.

Bersikap Tenang
Apa yang sebaiknya Anda lakukan pada saat sudah memiliki open posisi di akun? Ditinggalkan, atau dibiarkan saja, lalu jalan-jalan?

Sikap yang baik pada saat Anda memiliki open posisi adalah mengawasi dengan perasaan tenang. perasaan yang gembira mampu meningkatkan ketajaman berfikir dan menambah tingkat fokus pada diri Anda.

Lihatlah pada pergerakan harga, perhatikan bagaimana pergerakannya, sudah sampai di harga berapa. Perhatikan pula pada indikator yang Anda pakai, lihat pula candlestick yang membentuk pola.

Fokuskan pula pada signal yang ada pada sistem Anda, apakah sudah cross blum bila pakai MA, atau sudah jenuh belum bila pakai Stochastic, atau sudah tembus belum bila pakai fibonanci. Bila ada berita lihatlah efek dari berita tersebut.

Lalu jika sudah ada open posisi jangan tanya-tanya lagi soal kemana harga selanjutnya ke rekan-rekan di FB atau teman seperjuangan / trader lain. Hal ini dapat mengganggu Anda dalam konsentrasi mengenai pembukaan posisi yang Anda lakukan tadinya.

Jangan bilang-bilang siapapun mengenai trend saat ini bila Anda sudah memiliki open posisi, karena jika analisa Anda dengan analisa teman Anda berbeda maka sedikit banyak akan timbul rasa ragu-ragu pada analisa Anda sebelumnya. Bukannya akan mendapat solusi tapi makin bingung.

Jangan Panik
Bila harga bergolak, posisi mulai floating minus dan pergerakan mulai cepat, jangan panik. Biasanya salah satu dari Anda akan mulai kebingunan bila harga berlawanan dengan open posisi. Jika hal itu benar, rasa cemas dan was-was bisa saja mulai menyelimuti diri Anda.

Saat profit sudah mencapai 3-4 point malah segera di tutup, takut harga berbalik arah. Ini merupakan tindakan yang tidak baik untuk kelancaran trading Anda kedepan. Dari pengalaman pribadi, perasaan yang ragu serta membingungkan, kemungkinan besar akan berakhir dengan transaksi yang loss.

Kesimpulan
Sikap tenang pada diri trader saat melakukan open posisi sangat diutamakan. Efek dari rasa tidak tenang dan perasaan ragu-ragu dapat menimbulkan prediksi yang salah, dan mengakibatkan kerugian pada akun. Janganlah takut atau panik jika harga berlawanan, dan jangan tanyakan lagi kepada orang lain bila Anda sudah melakukan open posisi. Bila hal itu Anda lakukan, maka perubahan besar pada transaksi Anda akan segera terlihat.