Jumat, 22 Juni 2012

Mari Menghayal Tentang Masa Depan



Apa yang mungkin akan terjadi jika perang di Iran vs Israel benar-benar pecah dengan atau tanpa bantuan langsung Militer USA dalam waktu dekat ?
US Dollar  dan YEN : Kedua mempelai ini memiliki peluang besar berposisi sebagai mata uang Safe Haven dan akan diburu oleh Investor.
Euro : Mata uang ini sedang rapuh, lemas dan sedang dalam kehilangan daya.  Euro masuk dalam kategori “Resiko Tinggi”.  Masalah di Yunani, Italia dan beberapa Negara di kawasan Europe tetap akan menjadi beban tak terlupakan. Jika perang Iran benar-benar terjadi, semua mata tentu akan terfocus kesana. Dan itu artinya Euro harus memikirkan dirinya sendiri.  Ini bisa saja diistilahkan sudah jatuh ketimpa durian mentah tambah kebentur aspal.
GBP, Aussie, Kiwi  adalah kelompok mata uang yang sedang “LABIL”, tetapi bisa masuk dalam kategori “Resiko Tinggi” jika Perang Iran benar-benar pecah.  Ini juga terkait dengan kondisi fundamental teman dekatnya, Euro yang sedang sakit kritis. Dampaknya jelaslah merembet ke mata uang tersebut.
Dolar Kanada : Ekspor minyak Kanada  punya peluang untuk meningkat, tetapi mencermati kondisi fundamental Negara ini dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir, “Dollar Kanada” Cenderung menjadi  currency bingung. Keutara gak bisa ke selatan juga ogah. Dan yang terjadi adalah potensi mengalami “Volaitiltas Tinggi“.