Senin, 18 Juni 2012

Tidak Perlu Menyalahkan Siapapun...



Tidak ada yang bisa memprediksi pasar.

Apabila Stop Loss Anda tersentuh, tidak perlu marah dan tidak perlu merasa bersalah, karena dalam dunia probabilitas yang ada adalah sejumlah kemungkinan-kemungkinan.

Sehebat apapun indikator dan analisa, hasilnya tetap berupa kemungkinan-kemungkinan. Terimalah Stop Loss dengan lapang dada sebagaimana menerima Target Profit dengan gembira.

Apakah lantas indikator dan berbagai analisa menjadi tidak penting?

Bukan... Analisa atau indikator tetap diperlukan, tapi... ada yang lebih penting lagi yang seringkali dilupakan. Money Management.

Seperti lari maraton, seorang trader harus bisa berlari dalam jarak dan jangka yang panjang. Pengaturan tenaga dan napas menjadi hal yang penting.

Money management yang dikalkulasi secara matematis dalam menghadapi dunia probabilitas haruslah dimiliki sang trader.

Dengan money management yang handal, sang trader tidak perlu lagi kesal berlebihan ketika kalah, begitupun sebaliknya apabila menang. Money management akan mengatur semua kerugian dan keuntungan. Dengan Money Management yang baik sang trader bisa meningkatkan equitinya secara bertahap dibalik semua kemenangan dan kekalahannya.

Ketika Anda telah menemukan Money Management yang handal, ini bukanlah jaminan untuk memenangkan pasar. Ada satu hal yang perlu dimiliki sang trader setelah sistem trading dan money management, hal itu adalah kedisiplinan.

Intisari:
1. Buka posisi hanya apabila ada sinyal dari sistem trading Anda, tentukan Stop Loss dan Target Profit.
2. Kelola kemenangan dan kekalahan dengan money management.
3. Kedisiplinan dalam menjalani dua hal di atas.

Tugas:
1. Temukan sistem trading yang cocok dan teruji (back tested)
2. Temukan Money Management
3. Pelajari psikologi trading (kedisiplinan, kesabaran, menunggu, konsistensi, keserakahan, ketakutan etc)

Oke Guys... happy trading...