Jumat, 22 Juni 2012

Mempersingkat Waktu Belajar Forex




Ngomong-ngomong masalah belajar forex, saya jadi teringat kurang lebih 3 tahun yang lalu, saat saya pertama kali mengenal forex trading  Saya masih ingat betul apa yang saya rasakan saat pertama kali membuka trading platform. Kesan pertama yang muncul di benak saya adalah: “wow… keren banged deh…  kayak yang pernah saya liat di dealing room…” hehehe…  Kesan selanjutnya adalah: bingung. “Ini mesti dapain yaa? Gimana caranya melakukan “sesuatu”?  Saya sibuk cari-cari tombol untuk “buy/sell” dan kemudian kebingungan sendiri, kenapa yang muncul di position kemudian adalah “long/short”… xixixix  

Tahap selanjutnya adalah muncul keinginan yang kuat untuk belajar. Maklumlah, bagi saya, sesuatu yang baru itu merupakan tantangan tersendiri untuk segera dipahami  Jadi, mulailah 30 hari yang penuh kerja keras untuk memahami apa dan bagaimana forex trading itu. Melahap puluhan e-book, browsing sana-sini, nanya sana-sini plus dikerjain dan dicuekin dichat room... hiks…   Hasilnya? Kurang tidur, barat badan turun, tampang kusut dan account live pertama saya MC dalam waktu 2 minggu… xixixix  Menyerah? No way  Belum kapok sih…   Justru saya makin tertantang, sebenernya bagaimana sih supaya bisa paham tentangforex trading ini? 

Untunglah kemudian saya bertemu dengan rekan-rekan trader yang lebih senior dan yang mau berbagi dan mengajari saya. Saya juga kemudian menemukan forum-forum tempat paratrader bisa sharing, saling berbagi pengalaman, dan saling memberikan semangat. Ternyata,belajar dengan bimbingan mentor dan komunitas forum itu jauh lebih mudah dibanding belajar sendiri lewat e-book maupun site-site atau bahkan  kursus-kursus singkat. Mengapa? Karena mentor dan teman-teman di forum, selain berfungsi mengarahkan apa yang perlu kita pelajari, juga bisa memberikan dorongan semangat dalam menghadapi situasi yang terkadang tidak sesuai harapan. 

Saya masih ingat, ketika satu saat saya mengalami MC (untuk kesekian kalinya), saya kemudian laporan ke mentor saya   Ternyata beliau cuma berkomentar: "MC? biasa… ambil aja pelajaran dari situ dan jangan lakukan kesalahan yang sama." Temen-temen di forum juga bisanya justru memberikan semangat dan dorongan untuk terus belajar untuk temen-temen yang mengalami loss maupun MC. Dari kejadian yang saya alami, bisa saya ambil kesimpulan bahwa ternyata, mempunyai mentor dan komunitas akan lebih memudahkan kita dalam belajar Selain itu, dengan sharing kita bisa berbagi dan saling memberikan semangat, sehingga proses belajar menjadi lebih cepat dan menyenangkan.  Sangat jauh berbeda ketika saya mencoba belajar sendiri yang hasilnya juga amburadul… hehehe…  Nah, itulah sebabnya,saya sangat menganjurkan kepada temen-temen yang ingin belajar forex untuk mencari mentor sebagai pembimbing dalam belajar

Masalahnya mungkin, bagaimana menemukan mentor yang tepat? Hehehe… ini memang gampang-gampang susah  Tidak mudah memang menemukan mentor yang tepat, karenapersyaratan seorang mentor yang baik adalah: mau dan mampu membimbing, memahami benar tentang hal yang ingin kita pelajari, dan yang terpenting adalah… sabar  Ehm, terutama bagi calon trader yang rada-rada lemots kayak saya hehehe… Jelas butuh mentor yang extra sabar… hihihi…  

Trus, bagaimana cara kita mendapatkan mentor yang tepat? Saran saya sih… aktiflah di forum-forum ataupun chat room yang membahas tentang forex  Anda bisa mengamati dari post-post yang ada, mana trader yang senior dan kelihatan sabar serta bisa mampu memberikan penjelasan yang mudah dipahami. Rajinlah bertanya, tunjukkan bahwa kita serius mau belajar. Biasanya sih mereka akan dengan senang hati membantu dan menerima kita jadi murid  Tapi perlu diingat juga, sesabar-sabarnya mentor kita, jangan selalu berharap mereka menjelaskan panjang lebar tentang hal-hal dasar yang sebenernya bisa kita dapatkan jawabannya dari banyak site forex. Intinya, kita harus selalu tunjukkan bahwa kita juga terus belajar dan bukan cuma berharap dia yang bakalan menerangkan untuk kita.

Oya, satu lagi, hindari juga pertanyaan seputar sinyal, seperti “EU gimana nih, buy atau sell?” Percaya deh… sangat jarang mentor yang mau jawab pertanyaan-pertanyaan seperti itu Ok, selamat belajar dan berburu mentor