Sabtu, 23 Juni 2012

Belajar untuk menjadi trader sukses


Setelah mengamati dalam beberapa bulan terakhir semenjak menjadi seorang trader, ternyata masih terdapat tingkah laku seorang trader yang memiliki persepsi salah kaprah mengenai dunia trading. Bagi seorang trader yang baru terjun ke dunia trading, terkadang mereka memandang bahwa dunia trading adalah suatu cara dimana untuk menjadi kaya secara instant, maka terjunlah ia kedalamnya tanpa memiliki dasar yang cukup untuk ia miliki. Yang perlu anda ingat, bahwa Trading bukanlah mesin jackpot, yang dengan mudah memasukkan sebuah koin, anda bisa mendapatkan setitik kesempatan untuk mendapatkan uang 1 milyar dan mengambil langkah untuk pensiun muda. Selain itu trading juga bukanlah sebuah permainan dimana anda tinggal menekan tombol BUY ataupun SELL. Sebenarnya trading adalah suatu bentuk investasi. Dimana Investasi tersebut seperti mendepositokan uang anda kesalah satu pihak, hingga mendapatkan "return of investment" 10% per tahun. Apabila kita tidak mampu secara konstan menghasilkan lebih dari 10% ini, ada baiknya anda tidak usah menggeluti dunia trading. Terdapat sebuah cerita yang sangat menarik dari seorang trader disalah satu forum yang pernah saya baca, bahwa trader ini bercerita mengenai pengalamannya selama menjadi seorang trader.
Ketika itu saya menjadi trader di salah satu firma pada Wall Street, dimana disana ada satu orang yang selalu menghasilkan profit lebih banyak dari kita semua yang berada pada firma tersebut. Maka kami semua sangatlah segan dan takjub kepadanya. Pernah suatu saat kami melihat dia menghasilkan setengah juta Dollar Amerika hanya dalam satu hari dan saya masih ingat jelas dengan kejadian pada hari itu. Kami semua berkumpul di sekitar komputernya dan mendengarkan cerita apa yang dia tradingkan. Kami semua berharap akan mendapatkan sedikit titik terang. Dia sangat hebat sampai saya selalu gugup jika berbicara dengannya. Dia seperti seorang selebritis. Setelah setahun trading bersama dia, dalam satu ruangan, aku tidak bisa menemukan bagaimana dia melakukan itu. Itu seperti sesuatu yang ajaib. Beberapa tahun kemudian barulah saya menemukan keberhasilan trading saya sendiri, tapi saya belum benar-benar yakin. Pasti ada yang lebih besar dari ini. Saya pikir ini berhubungan dengan market yang selalu dinamis, dan saya masih terus belajar hingga hari ini
Bagi seorang trader yang berpengalaman sekalipun, mereka tetap dituntut untuk terus selalu belajar. Dunia trading adalah dunia yang dinamis, berbagai aspek tergabung di dalamnya. Bila kita ingin menjadi seorang trader yang benar-benar sukses, maka kita harus selalu belajar untuk memahaminya. Tanpa belajar maka kita tidak akan memiliki sebuah dasar dalam menaklukkan dunia trading yang dianggap oleh sebagian orang Welcome to the jungle. Terjun ke dunia Trading tanpa memiliki dasar yang cukup, sama saja dengan Tersesat ditengah-tengah hutan belantara yang akan siap menikam anda setiap saat.