Jumat, 22 Juni 2012

Karakteristik dari Seorang Trader Forex Yang Menang



Ada 7 Karakteristik dari orang-orang yang biasanya menang dalam trading yaitu :

1.Tidak mudah Stress 
2.Positive Thinking 
3.Expect The Best 
4.Peace In Mind 
5.Responsible Person 
6.Terorganisir 
7.Sabar 

Mari kita menelaah karakteristik ini satu persatu : 

1.Tidak Mudah Stress
 

Seorang trader yang berhasil adalah seorang yang punya mental yang kuat yang tidak mudah stress. Hampir setiap orang pernah mengalami stress dan dalam kehidupan modern ini tekanan untuk stress semakin lama semakin besar. 

Namun ada orang yang gampang sekali stress dan ada orang yang cukup kuat menanggung stress. Mereka yang cukup kuat menangggung stress adalah mereka yang memiliki mental yang kuat dalam hidup ini. 

Banyak faktor yang membuat perbedaan dari orang yang mudah stress dan yang tidak mudah stress. Selain dari factor keturunan atau genetika, bisa juga karena faktor-faktor lainnya yang dilakukan yang bisa membuat seseorang menjadi kuat dalam menghadapi persoalan-persoalan dalam hidup ini sehingga menjadi tidak mudah stress. Kita akan membahas di bagian lain bagaimana bisa hidup mengatasi stress. 

Yang jelas seorang trader yang berhasil adalah seorang yang kuat mental nya sehingga tidak mudah stress. 

2.Positive Thinking 

Positive Thinking adalah cara pandang terhadap kehidupan yang selalu memikirkan hal-hal yang positip dalam kehidupan ini. Hal ini tidak mudah. 

Kebanyakan orang terlahir dengan cara pandang yang negative terhadap kehidupan ini. Faktor negatif lebih sering mempengaruhi seseorang daripada faktor yang positif. Kekuatiran lebih sering menghantui seseorang dibandingkan dengan kepercayaan akan hal-hal yang baik. 

Sekalipun demikian, kita bisa mengubahnya, kita bisa mengubah dari kesukaan berpikir negative menjadi kesukaan berpikir positip. Kita akan membahas bagaimana mengubah dari negatif menjadi positif di bagian yang lain, yang jelas untuk berhasil dalam trading diperlukan kararkter yang berpikiran positif. 

3.Expect The Best
 

Sama seperti kecenderungan orang untuk berpikir negatif, demikian juga kecenderungan orang untuk tidak berharap terjadi hal-hal yang terbaik dalam hidup ini. Dan sama seperti positive thinking bisa dilatih, kita bisa mengubah dari berpikiran negatif menjadi berpikiran positif dalam hidup ini, demikian juga kita bisa mengubah dari terbiasa berharap yang terburuk ( Expect the Worst ) menjadi terbiasa berharap yang terbaik ( Expect the Best ) dalam hidup ini. 

Bahayanya dari kita Expect the Worst adalah kita akan mengalaminya pada akhirnya. Keuntungan dari kita Expect the Best adalah kita akan mengalaminya juga pada akhirnya. Jadi pada akhirnya kita akan mengalami apa yang kita harapkan, baik itu yang buruk maupun yang baik. 

4. Peace in Mind
Peace in Mind adalah kondisi hati dan pikiran yang penuh dengan kedamaian. Tingkat konflik dalam diri seseorang sangat berpengaruh dalam memberikan kedamaian dalam hidup seseorang. Semakin banyak konflik yang ada di dalam diri seseorang, semakin tidak damai hidupnya.

Dan sebaliknya, semakin sedikti konflik di dalam diri seseorang, semakin damai hidupnya. Menganalisa dan membuat keputusan di dalam trading dalam kondisi hati dan pikiran yang damai akan menghasilkan analisa yang jernih dan keputusan yang tepat yang membuat trading menjadi berhasil.

Bagaimana mendapatkan kedamaian dalam pikiran ?. Kita akan membahasnya pada bagian yang lain.

5.Responsible Person
Sebagaimana telah kita ketahui orang yang terbiasa tidak bertanggung jawab dalam hidupnya cenderung gagal dalam tradingnya, demikianlah sebaliknya, kalau kita terbiasa bertanggung jawab dalam hidup ini, maka kita juga cenderung akan mengalami kemenangan dalam trading kita.

Orang yang bertanggung jawab adalah orang yang dewasa yang berpikir panjang, karenanya mereka berani bertanggung jawab dalam kehidupan mereka. Mereka bukan orang yang berpikiran pendek dan asal-asalan atau ikut-ikutan.

Mereka memiliki prinsip dan cara trading sendiri yang kuat yang memberikan kepada mereka kemenangan pada akhirnya.

6.Teroganisir
Teroganisir dalam hidup berarti memiliki ketertiban dan kerapian dalam hidup ini. ketertiban dan kerapian dalam hidup akan membawa kita pada penghitungan dan pencatatan yang lebih akurat dibandingkan dengan kehidupan dalam kacau balau.

Teroganisir juga mengandung konotasi disiplin di dalamnya. Hanya apabila kita disiplin dalam trading kita barulah kita bisa menang dalam trading kita.

7.Sabar
Orang cenderung tidak sabaran untuk cepat-cepat mendapatkan keuntungan, untuk menjadi kaya, sebagai akibatnya mereka malah jadi rugi.

Karena ingin cepat mendapatkan keuntungan maka orang cenderung masuk pasar setiap hari dan kalau perlu sehari berkali-kali, padahal pasar yang bagus untuk dimasuki tidak selalu ada setiap hari, sebagai akibatnya bukannya banyak mendapatkan keuntungan malah banyak mengalami kerugian.

Kesabaran seseorang menentukan kemenangan orang itu dalam trading.

Dari pembahasan diatas, bagaimana untuk menjadi seorang trader yang menang membutuhkan 7 karakter yang positif, maka kita bisa melihat seorang trader yang menang adalah orang yang memiliki karakter yang hebat dan kepribadian yang kuat.  Trader yang menang adalah trader yang terbiasa mengharapkan yang terbaik, dia akan mendapatkan apa yang dia harapkan yaitu, kemenangan 

Dan yang lebih penting lagi adalah semuanya tidaklah dilahirkan dari keturunan yang tidak bisa berubah.

Semuanya bisa diubah dan dibentuk. Jadi kalau kita trading, kita bukan hanya punya kesempatan untuk untung secara material tetapi kita juga memilii kesempatan untuk terbentuk menjadi orang yang memiliki kepribadian yang kuat dan karakter yang hebat.

Mau untuk menjadi orang yang demikian ????