Minggu, 17 Juni 2012

Perjalanan Panjang sang Trader




Level 1

Begitu anda beres register agreement trading, disinilah anda berada. Anda menjadi trader karena mendengar bahwa pendapatan seorang trader bisa mengalahkan pendapatan seorang direktur BUMN. Lagi pula saat simulasi kamu telah profit 3 kali lipat, lalu apa susahnya?.

Mungkin bisa profit dengan hasil yang menakjubkan 100 poin sampai 200 poin per lot per hari, namun itu semua hanyalah beginner luck saja. Pada awalnya tidak akan percaya, dengan hanya mengandalkan 1 indicator saja, atau bahkan hanya dengan insting , toh bisa profit.

Namun sayangnya, market akan mengalahkannya. Tidak ada trader yang sukses hanya dengan faktor LUCK.

Anda sama sekali tidak menyadari bahwa Anda tidak bisa trading, Anda tetap mengira bisa trading walaupun semua fakta berkata sebaliknya ( apakah bulan ini profit?, bulan kemarin profit?, tahun ini profit? ).

Anda tetap mengira bahwa Anda adalah orang yang spesial, orang yang akan mampu mendapatkan kunci kekayaan dari trading. Dan tidak menyadari bahwa 90% trader yang gagal juga mempunyai perasaan seperti itu. Anda tidak mempunyai sistem yang kumplit, dikuasai oleh emosi, selalu averaging posisi jika loss karena ANGER pada market, selalu take profit dalam jumlah yang kecil atau membiarkan profit berubah jadi loss karena dikuasai oleh GREED,tidak pernah trading karena takut / FEAR. Membiarkan diri dikuasai oleh emosi sehingga margin equity menderita.

90% orang yang trading hanya sampai pada level ini, mereka biasanya kapok, berhenti trading dan menganggap ini semua hanya mimpi buruk belaka. sebagian lagi moralnya anjlok, mereka tetap mencari investor dan trading seperti orang gila. dalam sebulan atau dua bulan margin habis lalu mereka mencari mangsa lagi.
Mereka masih mengaku sebagai trader namun sebenarnya mereka executor. dan biasanya yang moralnya anjlok ini dengan senang hati akan menjabat sebagai managemen di brokernya. lalu sebagian lagi akan tetap ngantor seperti biasa dan mengaku trader tetapi tidak pernah trading, mereka biasanya menyalahkan dirinya sendiri.

Hanya masalah waktu, sampai kapan mereka dapat bertahan di level ini dan waktu selalu menang.
90% Trader ada di level ini, dan hanya 10% sadar dan pindah ke level 2.


Trader Level 2

Level 2

Conscious Incompetence

Di level ini Anda akan sadar bahwa Anda tidak bisa trading, Anda tidak memiliki kemampuan untuk trading yang menghasilkan profit secara konsisten. Dan tahu solusinya, kamu sadar bahwa selama di level 1 pikiran dikaburkan oleh emosi sehingga tidak bisa berpikir secara jernih.

Di level ini akan mencari holy grail ( system yang sempurna), mulai membaca semua website yang ada tentang trading mulai dari UK, USA, Australia, Europa sampai Russia, baca semua ebook yang ada, praktekan semua system yang diperoleh, haus akan ilmu seperti seorang pengembara di padang pasir yang haus akan air minum.

Pada level ini akan membaca semua detail tentang indikator, akan test semua indicator , bahkan kamu mungkin akan membuat indikator sendiri ( biasanya gabungan 2 atau 3 indicator), kamu akan bermain-main dengan moving average, fibonnacci lines, pivot point, camarilla pivot, deMark, Fractals, Divergence, DMI. ADX, Bollinger Bands, Parabolic SAR dan ratusan indicator lainnya.

Anda tahu bahwa market terlalu rumit untuk di predict hanya dengan 1 indicator saja, tahu kombinasi ideal dari masing-masing indicator, tahu persis keunggulan indicator tersebut dan juga kelemahannya.

Anda akan mencoba menerka TOP dan BOTTOM dari market dengan indicator tersebut, akan bergabung dengan chat room trader dan menanyakan pertanyaan-pertanyaan bodoh pada trader senior. karena anda tahu kalau tidak bertanya sekarang maka selamanya tidak akan tahu.

Pada akhirnya di level ini akan mendapatkan 5 sampai 10 system yang lengkap dan mencoba mencari tahu system mana yang paling cocok dengan kepribadian anda.

Dari 10% trader yang ada di level ini, hanya sekitar 7% yang berhasil pindah ke level 3.
Trader Level 3

Level 3

The EUREKA Moment

Pada akhir level 2, akhirnya Anda menyadari pokok permasalahan bukan terletak di system. Menyadari bahwa Anda bisa mendapat profit bahkan jika hanya menggunakan system yang simpel, jika bisa menggunakan money management dan mengendalikan emosi dengan benar.

Anda mulai membaca buku tentang psikologi trading, dan mengidentifikasi dengan karakter yang dijelaskan dalam buku itu. Akhirnya datanglah Level Pencerahan.

Level pencerahan ini membuat pola pikir anda menyadari satu hal yang penting, di dunia ini tidak ada seorang pun yang mampu memprediksi secara akurat 100% apa yang akan terjadi pada market.

Anda mulai trading jika tahu probabilitas untuk profit lebih besar daripada untuk loss, hanya trading jika ada signal dari Sistem Trading, selalu menggunakan stoploss, karena tahu stoploss adalah resiko bisnis yang ada dalam dunia trading.

Ketika stoploss kena, tidak emosi karena tahu tak seorangpun bisa memprediksinya, dan itu bukan suatu kesalahan.

Secara seketika menyadari bahwa dalam dunia trading hanya ada satu hal yang penting yaitu konsistensi pada system, psikologi trading dan money management. Dan kedisiplinan dalam trading apapun yang terjadi.

Mempelajari tentang money management, 2% risk, dan hal lainnya. dan hal ini mengingatkan 1 tahun yang lalu ketika ada yang memberi nasehat yang sama pada saya, dan saya memilih untuk mengacuhkannya, ketika itu memang belum siap namun setelah mengalami sendiri, barulah menyadari.

Di level pencerahan, otak akan menerima bahwa sebenarnya tidak ada yang bisa meramalkan pergerakan market.

Dari 7% trader yang ada di level ini, hanya sekitar 5% yang berhasil maju ke level berikutnya.
Trader Level 4


Level 4

Conscious Competence

Di level ini Anda trading jika dan hanya jika system Anda memberi signal.
cut loss sama gampangnya dengan take profit. karena tahu system akan lebih banyak memberikan profit daripada loss, dan cut loss yang dilakukan adalah resiko bisnis yaitu max 2% dari account.

Di level ini anda memulai target dengan profit 20 point per hari, dan setelah mampu melakukannya secara konsisten selama beberapa minggu,meningkatkan target dengan 40 point per hari. Dan hal itu pada akhirnya mampu dilakukan.

Memang masih harus kerja keras untuk mendapatkannya, memperbaiki system , menguasai emosi, dan melaksanakan money managemen yang baik.

level ini biasanya berjalan sekitar 6 bulan.

Dari 5% trader hanya sekitar 3% yang sanggup maju ke level berikutnya.
Trader Level 5


Level 5

Unconscious Competence

Sekarang sampai di level 5, ini adalah level yang paling diharapkan oleh seluruh trader di dunia ini, di level ini bisa trading secara alami, telah menguasai semuanya, bisa Dancing with the Market, kemana pun arah market berjalan, anda telah open di posisi yang benar, jadi tinggal melihat profit bergerak dari 2 digit ke 3 digit.

Inilah level puncak dari seorang trader, inilah level utopia, level dimana telah mampu menguasai emosi dan trading dengan account yang terus membesar tiap harinya dari kumulatif profit yang diperoleh.

Bila mau, Anda akan jadi bintang di trading chat room, dan orang-orang akan mendengarkan apa yang anda katakan, anda kenal dengan pertanyaan mereka, karena Anda ada diposisi mereka 2 tahun yang lalu. Anda akan memberikan saran bagi mereka, namun anda tahu bahwa kebanyakan dari mereka tidak akan mendengarkannya karena mereka masih trader level 1.

Hanya 3% trader yang bisa mencapai level ini.

Sekarang kamu bisa dengan bangga berkata " SAYA SEORANG TRADER".